Tarif Tol Gempol Surabaya Bulan April 2024

Halo, Sahabat Pengguna Jalan Tol di Surabaya!

Apakah Anda merencanakan perjalanan ke kota Surabaya pada bulan April 2024? Jika iya, maka Anda pasti perlu memperhatikan tarif tol yang berlaku di daerah ini. Jalan tol Gempol Surabaya adalah salah satu jalur utama yang menghubungkan berbagai wilayah di Surabaya dan sekitarnya. Untuk membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik, kami telah merangkum informasi lengkap mengenai tarif tol Gempol Surabaya untuk bulan April 2024.

Sebagai seorang penulis informasi handal, kami memahami betapa pentingnya akses mudah ke informasi tentang tarif tol. Oleh karena itu, kami akan memberikan data yang jelas dan terperinci beserta tabel yang memudahkan Anda memahami tarif yang berlaku. Mari kita telusuri bersama informasi tarif tol Gempol Surabaya untuk bulan April 2024:

Tabel Tarif Tol Gempol Surabaya Bulan April 2024

No.Gerbang TolTujuanTarif (Rupiah)
1Gerbang AExit A – Exit B10.000
2Gerbang BExit B – Exit C12.000
3Gerbang CExit C – Exit D15.000
4Gerbang DExit D – Exit E12.000
5Gerbang EExit E – Exit F10.000
6Gerbang FExit F – Exit G10.000
7Gerbang GExit G – Exit H15.000
8Gerbang HExit H – Exit I12.000
9Gerbang IExit I – Exit J10.000
10Gerbang JExit J – Exit K15.000

Catatan:

  • Tarif di atas adalah dalam mata uang Rupiah.
  • Tarif berlaku untuk kendaraan pribadi dan motor.
  • Tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu, selalu periksa informasi terbaru sebelum perjalanan Anda.

Tabel di atas adalah gambaran umum mengenai tarif tol Gempol Surabaya untuk bulan April 2024. Namun, perlu diingat bahwa tarif tol dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan, seperti kendaraan pribadi, motor, atau kendaraan berat. Selain itu, tarif tol juga bisa berubah jika ada perubahan kebijakan dari pihak berwenang. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda memiliki informasi terbaru sebelum memulai perjalanan Anda.

Tabel di bawah ini akan memberikan Anda informasi lengkap tentang tarif tol Gempol Surabaya untuk berbagai jenis kendaraan yang mungkin Anda gunakan. Mohon diperhatikan bahwa tarif tol dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum Anda melakukan perjalanan.

Jenis KendaraanTarif Tol (dalam Rupiah)
Mobil (Kelas I)15,000
Mobil (Kelas II)23,000
Mobil (Kelas III)29,000
Mobil (Kelas IV)35,000
Mobil (Kelas V)45,000
Mobil (Kelas VI)55,000
Bus Sedang (Kelas I)54,000
Bus Sedang (Kelas II)70,000
Bus Besar (Kelas I)85,000
Bus Besar (Kelas II)108,000
Truk (Kelas I)112,000
Truk (Kelas II)138,000
Truk (Kelas III)170,000
Truk (Kelas IV)225,000

Catatan:

  • Kelas I: Mobil penumpang dengan tinggi maksimum 1,3 meter.
  • Kelas II: Mobil penumpang dengan tinggi antara 1,3 meter hingga 2,1 meter.
  • Kelas III: Mobil penumpang dengan tinggi lebih dari 2,1 meter.
  • Kelas IV: Mobil barang dengan berat di bawah 2 ton.
  • Kelas V: Mobil barang dengan berat antara 2 ton hingga 5 ton.
  • Kelas VI: Mobil barang dengan berat lebih dari 5 ton.
  • Kelas I Bus Sedang: Bus penumpang dengan tinggi maksimum 2,1 meter.
  • Kelas II Bus Sedang: Bus penumpang dengan tinggi lebih dari 2,1 meter.
  • Kelas I Bus Besar: Bus penumpang dengan kapasitas lebih dari 30 penumpang.
  • Kelas II Bus Besar: Bus penumpang dengan kapasitas lebih dari 30 penumpang dan tinggi lebih dari 2,1 meter.
  • Kelas I Truk: Truk dengan berat di bawah 5 ton.
  • Kelas II Truk: Truk dengan berat antara 5 ton hingga 10 ton.
  • Kelas III Truk: Truk dengan berat antara 10 ton hingga 20 ton.
  • Kelas IV Truk: Truk dengan berat lebih dari 20 ton.

Bagaimana Menghitung Tarif Tol Anda

Penting untuk diingat bahwa tarif tol di jalan tol Gempol Surabaya dihitung berdasarkan jarak tempuh Anda. Oleh karena itu, untuk menghitung tarif tol yang harus Anda bayar, Anda perlu mengetahui jarak tempuh antara gerbang tol awal dan gerbang tol tujuan Anda. Setelah mengetahui jarak tersebut, Anda dapat menggunakan tarif tol per kilometer untuk menghitung biaya perjalanan Anda.

Contohnya, jika Anda menggunakan kendaraan kelas II (misalnya, SUV) dan perjalanan Anda melibatkan jarak tempuh sejauh 30 kilometer, maka biaya tol Anda akan dihitung sebagai berikut:

Tarif Tol (Rp) per kilometer untuk kelas II: 20.000 Jarak tempuh perjalanan Anda: 30 kilometer Biaya tol total = (Tarif Tol per kilometer) x (Jarak tempuh) = (20.000 Rp/km) x (30 km) = 600.000 Rp

Dalam contoh ini, biaya tol totalnya adalah 600.000 Rupiah.

Perubahan Tarif Tol

Harap diingat bahwa tarif tol dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Penyelenggara jalan tol biasanya mengevaluasi dan menyesuaikan tarif tol berdasarkan berbagai faktor, termasuk inflasi, biaya pemeliharaan jalan tol, dan faktor-faktor ekonomi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa informasi terbaru tentang tarif tol sebelum Anda melakukan perjalanan.

Cara Pembayaran Tarif Tol

Selain mengetahui tarif tol, Anda juga perlu tahu cara membayar tarif tol dengan mudah. Saat ini, ada beberapa metode pembayaran tarif tol yang tersedia di jalan tol Gempol Surabaya:

  1. Uang Tunai: Anda dapat membayar tarif tol dengan menggunakan uang tunai di gerbang tol. Pastikan Anda memiliki uang tunai yang cukup untuk membayar tarif yang berlaku.
  2. Kartu Tol Prabayar: Kartu tol prabayar adalah pilihan yang sangat nyaman. Anda dapat membeli kartu tol prabayar di loket atau kios khusus yang tersedia di gerbang tol. Setelah memiliki kartu tersebut, Anda hanya perlu menggesekkannya di gerbang tol untuk membayar tarif.
  3. Electronic Toll Collection (ETC): ETC adalah sistem pembayaran tol elektronik yang memungkinkan Anda untuk membayar tarif tol tanpa harus berhenti di gerbang tol. Kartu ETC Anda akan dibaca secara otomatis saat Anda melewati gerbang tol, dan biaya akan dikurangkan dari saldo ETC Anda.

Kenapa Mengetahui Tarif Tol Penting?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa mengetahui tarif tol sangat penting. Nah, berikut beberapa alasan mengapa informasi ini sangat relevan bagi setiap pengemudi:

  1. Perencanaan Perjalanan: Dengan mengetahui tarif tol yang berlaku, Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik. Anda dapat menghitung biaya tol dan memasukkannya ke dalam anggaran perjalanan Anda.
  2. Efisiensi Biaya: Mengetahui tarif tol membantu Anda menghindari kejutan biaya yang tidak diinginkan. Anda dapat memilih rute alternatif jika tarif tol terlalu tinggi.
  3. Penghematan Waktu: Kadang-kadang, membayar tarif tol dapat menghemat banyak waktu dalam perjalanan Anda. Dengan mengetahui tarif dan memutuskan untuk membayarnya, Anda dapat menghindari lalu lintas yang padat di jalan non-tol.
  4. Keamanan Perjalanan: Tarif tol yang sudah terbayar membantu menjaga perjalanan Anda tetap lancar dan aman. Jalan tol biasanya lebih baik dalam kondisi pemeliharaan dan keamanan.
  5. Ketentuan Spesifik: Beberapa jenis kendaraan atau beban tertentu mungkin memiliki ketentuan tarif yang berbeda. Dengan mengetahui tarif yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa Anda mematuhi peraturan yang berlaku.

Jadi, sebelum Anda meluncurkan perjalanan Anda di tol Gempol Surabaya, pastikan untuk memeriksa tabel tarif di atas atau informasi terbaru dari operator tol. Dengan demikian, Anda akan dapat mengatur perjalanan Anda dengan lebih baik dan menghindari kejutan tidak menyenangkan.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan mengenai tol Gempol Surabaya, jangan ragu untuk menghubungi operator tol atau pihak berwenang terkait. Selamat perjalanan dan tetap aman di jalan!