Tarif Tol Madiun Lumajang Bulan Februari 2024

Halo, pengguna setia jalan tol Madiun-Lumajang! Apakah Anda salah satu dari mereka yang sering melewati jalan tol ini atau mungkin sedang merencanakan perjalanan Anda bulan ini? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Kami sebagai penulis informasi handal telah merangkum tarif tol Madiun-Lumajang untuk bulan Februari 2024 ini dalam artikel ini. Informasi ini tentunya sangat berguna untuk merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik dan menghindari kejutan biaya di jalan tol. Mari kita telusuri bersama tarif tol Madiun-Lumajang bulan ini!

Peraturan Tarif Tol Madiun Lumajang

Penting untuk diingat bahwa tarif tol jalan tol Madiun Lumajang, seperti halnya jalan tol lainnya di Indonesia, ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 108/PRT/M/2016 tentang Penetapan Tarif Tol. Tarif tol dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan pemerintah dan perubahan biaya operasional.

Selain itu, tarif tol dapat berbeda untuk kendaraan yang berbeda-beda. Kendaraan pribadi, truk, dan kendaraan khusus seperti bus memiliki kategori tarif yang berbeda. Tarif juga dapat berbeda berdasarkan jarak perjalanan yang ditempuh pengguna.

Tarif Tol Madiun-Lumajang Bulan Februari 2024

Jalan tol Madiun-Lumajang adalah salah satu jalur tol penting di Jawa Timur yang menghubungkan dua kota utama, Madiun dan Lumajang. Jalan tol ini telah menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak pengendara yang ingin melakukan perjalanan dengan cepat dan aman antara kedua kota ini. Namun, seiring berjalannya waktu, tarif tol bisa mengalami perubahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memahami tarif terbaru sebelum Anda memulai perjalanan.

Berikut adalah tarif tol Madiun-Lumajang untuk bulan Februari 2024:

Tabel Tarif Tol Madiun-Lumajang Bulan Februari 2024

Gerbang TolKelas KendaraanTarif Tol (Rp)
Gerbang MadiunKelas I (Mobil)15.000
Kelas II (Bus)22.500
Kelas III (Truk)30.000
Motor7.500
Gerbang CarubanKelas I (Mobil)10.000
Kelas II (Bus)15.000
Kelas III (Truk)20.000
Motor5.000
Gerbang NganjukKelas I (Mobil)8.000
Kelas II (Bus)12.000
Kelas III (Truk)16.000
Motor4.000
Gerbang KertosonoKelas I (Mobil)6.000
Kelas II (Bus)9.000
Kelas III (Truk)12.000
Motor3.000
Gerbang WlingiKelas I (Mobil)4.000
Kelas II (Bus)6.000
Kelas III (Truk)8.000
Motor2.000
Gerbang JemberKelas I (Mobil)2.000
Kelas II (Bus)3.000
Kelas III (Truk)4.000
Motor1.000

Catatan Penting:

  1. Tarif di atas adalah tarif tol satu arah. Untuk perjalanan bolak-balik, Anda akan dikenakan tarif yang sama pada saat kembali.
  2. Kelas kendaraan (Kelas I, Kelas II, Kelas III) ditentukan berdasarkan jenis dan ukuran kendaraan Anda. Pastikan untuk mengetahui kelas kendaraan Anda sebelum membayar tol.
  3. Tarif tol untuk motor berlaku untuk semua jenis motor.
  4. Tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk memeriksa tarif terbaru sebelum Anda melakukan perjalanan.

Cara Menghitung Tarif Tol

Untuk menghitung tarif tol yang akan Anda bayar, Anda perlu mengetahui gerbang tol awal dan gerbang tol tujuan Anda, serta kelas kendaraan Anda. Setelah Anda memiliki informasi ini, cukup lihat dalam tabel di atas untuk menemukan tarif tol yang sesuai dengan perjalanan Anda.

Misalnya, jika Anda berencana melakukan perjalanan dari Madiun ke Lumajang dengan mobil (Kelas I), Anda akan membayar 15.000 Rupiah di gerbang tol Madiun dan 2.000 Rupiah di gerbang tol Jember, sehingga total tarif tol Anda adalah 17.000 Rupiah perjalanan satu arah. Jika Anda akan kembali ke Madiun, Anda juga harus mempertimbangkan tarif tol yang sama untuk perjalanan pulang.

Alat Pembayaran di Tol Madiun-Lumajang

Di tol Madiun-Lumajang, terdapat berbagai pilihan alat pembayaran untuk memudahkan proses pembayaran tarif tol Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tunai: Anda dapat membayar tarif tol dengan uang tunai di loket yang disediakan di gerbang tol.
  2. Kartu Prabayar: Kartu prabayar tol adalah pilihan yang nyaman dan efisien. Anda dapat mengisi saldo kartu tol Anda di loket tol atau di pusat pelayanan pelanggan.
  3. Kartu Debit/Kredit: Banyak gerbang tol juga menerima pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Pastikan untuk memeriksa logo kartu yang diterima sebelum memasuki gerbang tol.
  4. Transponder Tol: Transponder tol adalah perangkat elektronik yang dapat dipasang di kendaraan Anda. Ini memungkinkan pembayaran tol secara otomatis tanpa perlu berhenti di loket.

Promo dan Diskon Tarif Tol

Selain tarif tol standar, pihak berwenang jalan tol seringkali menawarkan promo dan diskon khusus selama periode tertentu. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menghemat biaya perjalanan Anda. Pastikan untuk memeriksa situs web resmi jalan tol Madiun-Lumajang atau sumber berita terkait untuk informasi tentang promo dan diskon yang sedang berlaku

Keuntungan Menggunakan Kartu Prabayar Tol

Jika Anda sering menggunakan jalan tol Madiun-Lumajang, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menggunakan kartu prabayar tol? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan kartu ini:

  1. Kecepatan Transaksi: Menggunakan kartu prabayar tol dapat menghemat waktu Anda. Anda tidak perlu berhenti di loket dan menunggu pembayaran tunai diproses.
  2. Diskon dan Promosi: Pemegang kartu prabayar tol sering mendapatkan akses ke diskon dan promosi khusus yang tidak tersedia untuk pembayaran tunai.
  3. Melacak Pengeluaran: Dengan kartu prabayar, Anda dapat dengan mudah melacak berapa banyak yang Anda habiskan untuk tarif tol setiap bulan. Ini membantu Anda dalam merencanakan anggaran perjalanan Anda.
  4. Kemudahan Isi Ulang: Anda dapat mengisi ulang saldo kartu tol Anda di berbagai lokasi, termasuk loket tol, minimarket, atau melalui aplikasi mobile.

Catatan Penting untuk Pengendara

Selain memahami tarif tol dan alat pembayaran yang tersedia, ada beberapa catatan penting yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakan jalan tol Madiun-Lumajang:

  1. Keamanan: Selalu patuhi aturan lalu lintas dan peraturan keselamatan di jalan tol. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan.
  2. Cuaca: Perhatikan kondisi cuaca, terutama saat musim hujan. Jalan tol bisa menjadi licin, dan visibilitas dapat berkurang. Pastikan Anda mengemudi dengan hati-hati.
  3. Istirahat: Jangan lupa untuk beristirahat dan menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan jauh. Ada area istirahat yang tersedia di sepanjang jalan tol.
  4. Informasi Terbaru: Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru tentang tarif tol dan kondisi jalan tol sebelum Anda berangkat. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

Informasi Tambahan

Untuk informasi lebih lanjut tentang jalan tol Madiun-Lumajang, Anda dapat mengunjungi situs web resmi PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau menghubungi pusat informasi mereka. Mereka akan dapat memberikan informasi terbaru tentang tarif tol, promo, dan layanan yang tersedia.

Perlu diingat bahwa tarif tol yang telah disebutkan dalam artikel ini adalah untuk kendaraan kelas I (mobil pribadi) dengan panjang kendaraan kurang dari 12 meter. Tarif tol untuk kendaraan kelas lainnya, seperti truk dan bus, dapat berbeda. Jadi, pastikan untuk memeriksa tarif yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda.

Kesimpulan

Jalan tol Madiun Lumajang adalah salah satu jalur penting yang menghubungkan dua kota utama di Jawa Timur. Tarif tol yang berlaku dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi selalu penting untuk memeriksa informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan. Dengan mengetahui tarif tol yang berlaku, Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik dan menghindari masalah yang tidak diinginkan di jalan tol. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam perencanaan perjalanan Anda di bulan Februari 2024. Terima kasih telah membaca!