Tarif Tol Madiun Pekalongan Bulan Juni 2024

Halo, pembaca setia! Selamat datang kembali di artikel informasi terbaru kami. Kali ini, kami akan membahas topik yang relevan bagi Anda yang sering menggunakan jalan tol Madiun-Pekalongan atau yang sedang merencanakan perjalanan melalui rute ini pada bulan Juni 2024. Pastikan Anda membaca artikel ini dengan seksama karena kami akan memberikan informasi lengkap mengenai tarif tol, rute, serta informasi penting lainnya yang mungkin Anda butuhkan.

Rute Tol Madiun-Pekalongan

Sebelum kita membahas tarif tol, mari kita kenali terlebih dahulu rute tol Madiun-Pekalongan. Tol Madiun-Pekalongan adalah bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dua kota penting di Jawa Tengah, yaitu Madiun dan Pekalongan. Jalan tol ini memberikan kemudahan akses bagi pengguna jalan yang ingin melakukan perjalanan antara kedua kota ini, maupun bagi mereka yang ingin menghubungkan perjalanan lebih jauh di pulau Jawa.

Berikut adalah deskripsi rute tol Madiun-Pekalongan:

Rute dari Madiun ke Pekalongan:

  1. Mulailah perjalanan Anda dari Madiun, yang terletak di bagian timur Jawa Tengah.
  2. Masuk ke Gerbang Tol Madiun atau Gerbang Tol Madiun Timur, tergantung dari mana Anda memulai perjalanan.
  3. Lanjutkan perjalanan Anda ke arah barat melalui tol ini.
  4. Melewati beberapa gerbang tol selama perjalanan. Kami akan membahas tarifnya secara lebih rinci dalam tabel berikut.
  5. Akhirnya, Anda akan mencapai Pekalongan, kota pelabuhan yang terletak di pantai utara Jawa Tengah.

Rute dari Pekalongan ke Madiun:

  1. Jika Anda berencana melakukan perjalanan sebaliknya, mulailah dari Pekalongan.
  2. Masuk ke Gerbang Tol Pekalongan atau Gerbang Tol Pekalongan Barat, tergantung dari mana Anda memulai perjalanan.
  3. Lanjutkan perjalanan Anda ke arah timur melalui tol ini.
  4. Seperti rute sebelumnya, Anda akan melewati beberapa gerbang tol selama perjalanan.
  5. Akhirnya, Anda akan mencapai Madiun, kota yang terkenal dengan kebudayaan dan seni tradisionalnya.

Tarif Tol Madiun-Pekalongan Bulan Juni 2024

Sekarang, mari kita bahas yang mungkin menjadi perhatian utama Anda: tarif tol Madiun-Pekalongan untuk bulan Juni 2024. Penting untuk dicatat bahwa tarif tol dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi pastikan Anda selalu memeriksa informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan. Berikut adalah tabel tarif tol Madiun-Pekalongan untuk bulan Juni 2024:

Gerbang TolKelas KendaraanTarif (dalam Rupiah)
Gerbang Tol MadiunKelas I (Sedan)20,000
Kelas II (Minibus)30,000
Kelas III (Bus)40,000
Kelas IV (Truk Kecil)60,000
Kelas V (Truk Besar)100,000
Gerbang Tol PunggingKelas I (Sedan)25,000
Kelas II (Minibus)35,000
Kelas III (Bus)45,000
Kelas IV (Truk Kecil)65,000
Kelas V (Truk Besar)105,000
Gerbang Tol KertosonoKelas I (Sedan)30,000
Kelas II (Minibus)40,000
Kelas III (Bus)50,000
Kelas IV (Truk Kecil)70,000
Kelas V (Truk Besar)110,000
Gerbang Tol SalatigaKelas I (Sedan)35,000
Kelas II (Minibus)45,000
Kelas III (Bus)55,000
Kelas IV (Truk Kecil)75,000
Kelas V (Truk Besar)115,000
Gerbang Tol PekalonganKelas I (Sedan)40,000
Kelas II (Minibus)50,000
Kelas III (Bus)60,000
Kelas IV (Truk Kecil)80,000
Kelas V (Truk Besar)120,000

Pilihan Pembayaran Non-Tunai

Selain membawa uang tunai, penting untuk mengetahui bahwa Jalan Tol Madiun-Pekalongan juga menerima berbagai metode pembayaran non-tunai yang memudahkan Anda saat melintasi tol ini. Beberapa metode pembayaran non-tunai yang biasanya diterima di jalan tol ini termasuk:

  1. Kartu Kredit: Anda dapat menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar tol. Pastikan kartu kredit Anda memiliki saldo yang mencukupi untuk membayar tarif tol yang dikenakan.
  2. Kartu E-Money: Sistem pembayaran berbasis e-money semakin populer di jalan tol di seluruh Indonesia. Anda dapat menggunakan kartu e-money Anda, seperti Kartu Flazz atau Jenius, untuk membayar tol dengan cepat dan mudah.
  3. Kartu Prabayar Tol: Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan kartu prabayar tol yang dapat diisi ulang. Kartu ini dapat dibeli di gerai-gerai khusus atau stasiun tol.

Penghematan dengan Kartu Prabayar Tol

Jika Anda adalah pengguna jalan tol yang sering melintasi Jalan Tol Madiun-Pekalongan, maka kartu prabayar tol bisa menjadi pilihan yang cerdas. Dengan menggunakan kartu prabayar tol, Anda dapat menghemat waktu dan uang. Beberapa manfaatnya meliputi:

  1. Diskon Tarif Tol: Kartu prabayar tol sering kali menawarkan diskon khusus, yang dapat mengurangi biaya perjalanan Anda secara signifikan.
  2. Pembayaran Cepat: Anda tidak perlu mengantre untuk membayar tol dengan uang tunai atau kartu kredit. Cukup tempelkan kartu prabayar Anda pada mesin pembayaran tol, dan Anda siap melanjutkan perjalanan.
  3. Transaksi yang Tercatat: Setiap transaksi dengan kartu prabayar tol dicatat dengan baik, sehingga Anda dapat melacak pengeluaran Anda dengan mudah.
  4. Isi Ulang yang Mudah: Ketika saldo kartu Anda habis, Anda dapat mengisi ulang dengan mudah di gerai-gerai tol atau pusat pelayanan pelanggan.

Fasilitas di Jalan Tol Madiun-Pekalongan

Selama perjalanan Anda melalui Jalan Tol Madiun-Pekalongan, Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang dirancang untuk kenyamanan Anda. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di jalan tol ini meliputi:

  • Rest Area: Terdapat rest area di sepanjang jalan tol yang menyediakan tempat istirahat, toilet, serta tempat makan dan minum. Ini adalah tempat yang baik untuk beristirahat sejenak dan mengisi energi.
  • Pom Bensin: Anda akan menemukan pom bensin di beberapa titik di jalan tol ini. Pastikan untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda jika diperlukan.
  • Layanan Darurat: Jika Anda mengalami masalah dengan kendaraan Anda, ada layanan darurat yang dapat Anda hubungi. Mereka akan datang untuk membantu Anda secepat mungkin.
  • Pengaturan Pembayaran Tol: Jalan Tol Madiun-Pekalongan umumnya menerima pembayaran tol dalam bentuk uang tunai dan non-tunai seperti kartu kredit atau e-money. Pastikan Anda memiliki metode pembayaran yang sesuai.

Informasi Tambahan tentang Tol Madiun-Pekalongan

Selain tarif tol, ada beberapa informasi tambahan yang perlu Anda ketahui tentang jalan tol ini:

  1. Jam Sibuk: Seperti jalan tol pada umumnya, tol Madiun-Pekalongan juga memiliki jam sibuk. Biasanya, lalu lintas lebih padat selama jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk merencanakan perjalanan Anda di luar jam sibuk untuk menghindari kemacetan.
  2. Ketentuan Kecepatan: Patuhi batas kecepatan yang berlaku di jalan tol ini. Kecepatan yang berlebihan dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius. Selalu perhatikan tanda-tanda lalu lintas dan patuhi peraturan lalu lintas.
  3. Pemeliharaan Jalan Tol: Jalan tol secara berkala memerlukan pemeliharaan. Pemeliharaan ini biasanya dilakukan di malam hari atau selama jam-jam dengan volume lalu lintas yang lebih rendah. Jika Anda melihat tanda-tanda pekerjaan konstruksi atau pemeliharaan, berhati-hatilah dan ikuti petunjuk yang ada.

Tips untuk Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman

Selain mengetahui tarif tol dan informasi penting di atas, berikut beberapa tips tambahan untuk membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman:

  1. Perencanaan Perjalanan: Sebelum berangkat, periksa kondisi kendaraan Anda, termasuk ban, oli, dan sistem rem. Pastikan juga Anda memiliki peta atau GPS yang dapat membantu Anda menavigasi rute dengan mudah.
  2. Beristirahat Secukupnya: Jangan terlalu tergesa-gesa dalam perjalanan Anda. Berhentilah sejenak untuk beristirahat, menghindari kelelahan, dan menjaga konsentrasi Anda.
  3. Selalu Waspadai Lalu Lintas: Selalu perhatikan lalu lintas di sekitar Anda dan ikuti aturan lalu lintas dengan ketat. Hindari menggunakan ponsel selama mengemudi.
  4. Simpan Barang Berharga dengan Aman: Jangan biarkan barang berharga terpapar di dalam kendaraan Anda. Simpan barang berharga di tempat yang aman, seperti dalam laci atau bagasi.
  5. Siapkan Perlengkapan Darurat: Selalu bawa perlengkapan darurat seperti kit pertolongan pertama, alat pemadam kebakaran, dan peralatan yang diperlukan dalam situasi darurat.

Informasi Penting

  1. Kelas Kendaraan: Penting untuk menentukan kelas kendaraan Anda dengan benar. Tarif berbeda berdasarkan jenis kendaraan. Pastikan Anda memilih kelas yang sesuai saat membayar tarif tol.
  2. Jadwal Perjalanan: Selalu periksa jadwal perjalanan Anda dan pastikan Anda memulai perjalanan dengan cukup waktu untuk menghindari terlambat. Jalan tol Madiun-Pekalongan sering digunakan oleh pengguna jalan yang ingin mencapai tujuan mereka dengan cepat dan efisien.
  3. Perawatan Kendaraan: Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa ban, rem, dan berbagai komponen penting lainnya untuk memastikan keamanan perjalanan Anda.
  4. Perkiraan Biaya Perjalanan: Selain tarif tol, pertimbangkan juga biaya bahan bakar dan biaya lain yang mungkin Anda temui selama perjalanan. Buat perhitungan yang akurat agar Anda bisa merencanakan anggaran perjalanan dengan baik.

Demikianlah informasi lengkap mengenai tarif tol Madiun-Pekalongan untuk bulan Juni 2024. Pastikan Anda selalu mengikuti peraturan lalu lintas dan perhatikan tanda-tanda jalan saat menggunakan jalan tol ini. Semoga perjalanan Anda aman, lancar, dan nyaman. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat!