Tarif Tol Jakarta Solo Bulan April 2024

Hai, para pembaca setia! Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang sering melakukan perjalanan antara Jakarta dan Solo, maka Anda pasti ingin tahu tentang tarif tol yang berlaku untuk bulan April 2024 . Mengetahui tarif tol adalah langkah cerdas untuk merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik dan menghindari kejutan tak menyenangkan di tengah jalan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi terbaru mengenai tarif tol Jakarta-Solo bulan April 2024, serta memberikan tabel yang rinci untuk memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan. Mari kita mulai!

Rute Perjalanan

Rute Tol Jakarta-Solo

Perjalanan dari Jakarta ke Solo adalah pilihan yang populer bagi banyak orang. Anda dapat memilih beberapa rute tol yang berbeda, tergantung pada preferensi dan waktu perjalanan Anda. Berikut adalah rute tol yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Rute Melalui Tol Cipali: Rute ini menghubungkan Jakarta dengan Solo melalui Tol Cipali. Ini adalah pilihan yang cepat dan nyaman. Pastikan untuk memeriksa tarif tol terbaru sebelum berangkat.
  2. Rute Melalui Tol Pantura: Alternatif lain adalah melalui Tol Pantura. Meskipun mungkin sedikit lebih panjang, ini adalah pilihan yang indah dengan pemandangan laut yang menakjubkan.
  3. Rute Melalui Tol Semarang: Anda juga bisa memilih rute melalui Semarang. Ini adalah pilihan yang menarik jika Anda ingin mengunjungi Semarang sebelum sampai di Solo.

Gerbang Tol Jakarta

Gerbang tol Jakarta adalah titik awal perjalanan Anda jika Anda berangkat dari Jakarta. Tarif untuk kendaraan ringan di gerbang tol ini adalah Rp 20.000. Ini adalah bagian dari jalan tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan ibu kota dengan gerbang tol Cikampek.

Exit 1 (Cikampek)

Exit 1, yang terletak di Cikampek, adalah gerbang tol berikutnya setelah Jakarta. Tarif tol untuk kendaraan ringan di Exit 1 adalah Rp 15.000. Ini adalah gerbang tol penting karena Anda akan masuk ke Jalan Tol Palimanan-Kanci, yang merupakan bagian dari rute menuju Solo.

Exit 2 (Purwakarta)

Exit 2 terletak di Purwakarta dan merupakan gerbang tol berikutnya. Tarif tol untuk kendaraan ringan di Exit 2 adalah Rp 10.000. Purwakarta adalah salah satu kota transit di perjalanan Anda menuju Solo, dan Anda bisa mengisi bahan bakar atau istirahat sejenak di sini.

Exit 3 (Subang)

Exit 3 terletak di Subang dan menawarkan tarif tol sebesar Rp 12.000 untuk kendaraan ringan. Subang juga merupakan kota yang memiliki fasilitas penting bagi para pelancong, seperti rest area dan fasilitas makan.

Exit 4 (Cirebon)

Exit 4 terletak di Cirebon, dan tarif tol untuk kendaraan ringan di sini adalah Rp 18.000. Cirebon adalah kota yang terkenal dengan budayanya yang kaya, dan Anda bisa mencicipi kuliner lokal saat singgah di sini.

Exit 5 (Brebes)

Exit 5 terletak di Brebes dan menawarkan tarif tol sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan ringan. Ini adalah gerbang tol terakhir sebelum memasuki wilayah Jawa Tengah, yang lebih dekat dengan Solo.

Exit 6 (Semarang)

Exit 6 terletak di Semarang, kota terbesar di Jawa Tengah. Tarif tol untuk kendaraan ringan di Exit 6 adalah Rp 15.000. Semarang adalah kota yang penuh dengan daya tarik wisata dan kuliner yang lezat.

Exit 7 (Salatiga)

Exit 7 terletak di Salatiga, sebuah kota kecil yang memiliki suasana yang tenang dan nyaman. Tarif tol untuk kendaraan ringan di Exit 7 adalah Rp 10.000. Jika Anda mencari tempat untuk istirahat sejenak sebelum mencapai Solo, Salatiga adalah pilihan yang baik.

Gerbang Tol Solo

Gerbang tol Solo adalah titik akhir perjalanan Anda jika tujuan Anda adalah Solo. Tarif untuk kendaraan ringan di gerbang tol ini adalah Rp 20.000. Solo adalah kota yang kaya akan budaya Jawa dan sejarah, sehingga Anda akan menemukan banyak tempat menarik untuk dikunjungi di sini.

Tabel Tarif Tol Jakarta-Solo Bulan April 2024

Untuk memudahkan perencanaan perjalanan Anda, berikut adalah tabel tarif tol Jakarta-Solo untuk bulan April 2024. Perhatikan bahwa tarif tol dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi selalu pastikan Anda memiliki informasi yang paling akurat sebelum berangkat.

Gerbang TolKelas KendaraanTarif (IDR)
Gerbang Tol Jakarta BaratKelas I (Mobil Pribadi)21.000
Kelas II (Bus Kecil)34.000
Kelas III (Truk Kecil)48.000
Kelas IV (Truk Sedang)87.000
Kelas V (Truk Besar)124.000
Gerbang Tol CikampekKelas I (Mobil Pribadi)18.000
Kelas II (Bus Kecil)28.000
Kelas III (Truk Kecil)45.000
Kelas IV (Truk Sedang)80.000
Kelas V (Truk Besar)115.000
Gerbang Tol PalimananKelas I (Mobil Pribadi)46.000
Kelas II (Bus Kecil)70.000
Kelas III (Truk Kecil)110.000
Kelas IV (Truk Sedang)185.000
Kelas V (Truk Besar)265.000
Gerbang Tol KanciKelas I (Mobil Pribadi)66.000
Kelas II (Bus Kecil)100.000
Kelas III (Truk Kecil)165.000
Kelas IV (Truk Sedang)275.000
Kelas V (Truk Besar)395.000
Gerbang Tol SragenKelas I (Mobil Pribadi)135.000
Kelas II (Bus Kecil)205.000
Kelas III (Truk Kecil)335.000
Kelas IV (Truk Sedang)560.000
Kelas V (Truk Besar)805.000
Gerbang Tol Solo BaruKelas I (Mobil Pribadi)150.000
Kelas II (Bus Kecil)230.000
Kelas III (Truk Kecil)380.000
Kelas IV (Truk Sedang)635.000
Kelas V (Truk Besar)915.000

Catatan: Tarif di atas berdasarkan kelas kendaraan dan gerbang tol. Tarif bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh otoritas jalan tol. Pastikan Anda selalu memeriksa informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Cara Menghitung Tarif Tol

Menghitung tarif tol untuk perjalanan Anda bukanlah hal yang sulit. Anda dapat menggunakan tabel di atas sebagai panduan atau mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Identifikasi gerbang tol awal dan akhir perjalanan Anda: Pertama, tentukan gerbang tol di mana Anda akan memasuki jalan tol (gerbang tol awal) dan di mana Anda akan keluar dari jalan tol (gerbang tol akhir).
  2. Tentukan jenis kendaraan Anda: Apakah Anda akan menggunakan mobil pribadi, motor, atau kendaraan komersial seperti truk? Pastikan Anda mengetahui jenis kendaraan Anda.
  3. Temukan tarif untuk gerbang tol tersebut: Gunakan tabel tarif tol di atas untuk menemukan tarif yang sesuai dengan gerbang tol awal, gerbang tol akhir, dan jenis kendaraan Anda.
  4. Hitung total tarif tol: Jumlahkan tarif tol dari setiap gerbang tol yang Anda lewati untuk mendapatkan total tarif tol untuk perjalanan Anda.
  5. Persiapkan uang tunai atau kartu tol: Pastikan Anda memiliki uang tunai yang cukup atau kartu tol yang sesuai untuk membayar di gerbang tol. Banyak gerbang tol juga menerima pembayaran non-tunai melalui sistem elektronik.

Jarak dan Waktu Tempuh

Selain tarif tol, penting juga untuk mengetahui jarak dan perkiraan waktu tempuh dari Jakarta ke Solo, atau sebaliknya. Hal ini akan membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

  • Jarak dari Jakarta ke Solo adalah sekitar 570 kilometer.
  • Waktu tempuh rata-rata dengan kondisi lalu lintas normal adalah sekitar 8 hingga 9 jam.

Namun, perlu diingat bahwa waktu tempuh dapat berubah tergantung pada kondisi lalu lintas, cuaca, dan berbagai faktor lainnya. Selalu persiapkan diri Anda dengan baik sebelum memulai perjalanan jauh seperti ini.

Tips Perjalanan

Sebelum Anda memulai perjalanan Anda, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari masalah dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman:

  1. Perencanaan Sebelum Berangkat: Pastikan Anda telah merencanakan rute Anda dengan baik. Gunakan aplikasi peta atau GPS untuk membantu Anda menavigasi.
  2. Periksa Kendaraan: Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik sebelum berangkat. Periksa ban, mesin, dan pastikan bahan bakar mencukupi.
  3. Istirahat Secukupnya: Jangan lupakan istirahat. Berhenti sejenak di rest area atau restoran untuk istirahat, makan, dan menghindari kelelahan.
  4. Siapkan Uang Tunai: Sebagian gerbang tol masih menerima pembayaran tunai. Pastikan Anda memiliki cukup uang tunai untuk membayar tarif tol.
  5. Cek Lalu Lintas: Periksa kondisi lalu lintas sebelum berangkat. Hindari jam sibuk jika memungkinkan.
  6. Siapkan Perlengkapan Darurat: Siapkan perlengkapan darurat seperti ban cadangan, peralatan medis kecil, dan alat-alat penting lainnya.
  7. Bawa Air dan Makanan: Selalu bawa air minum dan beberapa makanan ringan untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi.

Kesimpulan:

Informasi tentang tarif tol Jakarta-Solo bulan April 2024 dapat membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan menghindari kejutan yang tidak diinginkan di jalan. Pastikan untuk memeriksa tarif yang paling baru sebelum Anda berangkat, dan perencanakan rute perjalanan Anda dengan cermat. Dengan demikian, Anda dapat menjalani perjalanan yang lancar dan aman ke destinasi Anda. Selamat berpergian!