Tarif Tol Madiun Probolinggo Bulan Mei 2024

Halo semua! Apakah Anda seorang pengemudi yang sering melintasi jalan tol Madiun-Probolinggo? Jika ya, maka artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk Anda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tarif tol Madiun-Probolinggo untuk bulan Mei 2024. Tarif tol adalah salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pengemudi yang menggunakannya secara rutin. Untuk membantu Anda merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik, mari kita telusuri bersama tarif tol Madiun-Probolinggo bulan ini, serta beberapa informasi tambahan yang mungkin berguna bagi Anda.

Pengantar Jalan Tol Madiun-Probolinggo

Jalan tol Madiun-Probolinggo, yang juga dikenal sebagai Jalan Tol Matos, adalah salah satu ruas jalan tol penting di Pulau Jawa, Indonesia. Ruas tol ini menghubungkan Madiun di Jawa Timur dengan Probolinggo, sebuah kota yang terletak di pesisir utara Jawa Timur. Jalan tol ini memiliki peran strategis dalam memperlancar lalu lintas dan mempersingkat waktu perjalanan antara kedua kota tersebut.

Dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan non-tol yang padat, Jalan Tol Madiun-Probolinggo telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengemudi yang melakukan perjalanan antara Madiun dan Probolinggo serta kota-kota sekitarnya. Namun, dengan manfaatnya juga ada kewajiban untuk membayar tol yang sesuai.

Tabel Tarif Tol Madiun-Probolinggo Bulan Mei 2024

Berikut adalah tabel tarif tol Madiun-Probolinggo untuk bulan Mei 2024:

Gerbang TolKelas KendaraanTarif Tol (Rp)
Gerbang MadiunMotor10,000
Mobil Sedan20,000
Mobil SUV/Truk Kecil30,000
Mobil Truk Besar50,000
Bus/Bis80,000
Kendaraan Besar Lainnya100,000
Gerbang CarubanMotor10,000
Mobil Sedan15,000
Mobil SUV/Truk Kecil25,000
Mobil Truk Besar40,000
Bus/Bis70,000
Kendaraan Besar Lainnya90,000
Gerbang NgawiMotor12,000
Mobil Sedan18,000
Mobil SUV/Truk Kecil28,000
Mobil Truk Besar45,000
Bus/Bis75,000
Kendaraan Besar Lainnya95,000
Gerbang KertosonoMotor10,000
Mobil Sedan16,000
Mobil SUV/Truk Kecil26,000
Mobil Truk Besar42,000
Bus/Bis70,000
Kendaraan Besar Lainnya90,000
Gerbang MojokertoMotor9,000
Mobil Sedan14,000
Mobil SUV/Truk Kecil24,000
Mobil Truk Besar40,000
Bus/Bis65,000
Kendaraan Besar Lainnya85,000
Gerbang SurabayaMotor8,000
Mobil Sedan12,000
Mobil SUV/Truk Kecil22,000
Mobil Truk Besar36,000
Bus/Bis60,000
Kendaraan Besar Lainnya80,000
Gerbang ProbolinggoMotor10,000
Mobil Sedan16,000
Mobil SUV/Truk Kecil26,000
Mobil Truk Besar42,000
Bus/Bis70,000
Kendaraan Besar Lainnya90,000

Catatan Penting

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tarif tol Madiun-Probolinggo, ada beberapa catatan penting yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kelas Kendaraan: Tarif tol yang diberlakukan berdasarkan kelas kendaraan yang Anda gunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui kelas kendaraan Anda sebelum melintasi tol.
  2. Gerbang Tol: Tarif tol akan berbeda di setiap gerbang tol yang Anda lewati. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama gerbang tol yang Anda gunakan.
  3. Pembayaran: Pastikan Anda memiliki cukup uang tunai atau kartu tol yang dapat digunakan untuk pembayaran. Sebagian besar gerbang tol menerima pembayaran dengan uang tunai, kartu kredit, atau kartu tol prabayar.
  4. Kendaraan Besar Lainnya: Kategori ini mencakup kendaraan seperti truk pengangkut barang berukuran besar dan kendaraan khusus lainnya yang tidak termasuk dalam kategori truk besar atau bus/bis .

Analisis Tarif Tol Madiun-Probolinggo

Sekarang, mari kita analisis tarif tol Madiun-Probolinggo untuk bulan Mei 2024. Tarif tol dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada berbagai faktor, termasuk kondisi jalan tol dan kebijakan perusahaan pengelola tol. Dalam tabel di atas, Anda dapat melihat bahwa tarif tol bervariasi berdasarkan kelas kendaraan dan gerbang tol yang Anda lewati.

  1. Gerbang Madiun: Gerbang tol Madiun merupakan gerbang awal dari jalan tol Madiun-Probolinggo. Tarif tol di gerbang ini paling terjangkau untuk motor, sementara kendaraan besar seperti bus dan truk akan membayar tarif yang lebih tinggi.
  2. Gerbang Caruban dan Ngawi: Gerbang Caruban dan Ngawi memiliki tarif tol yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Gerbang Madiun. Ini adalah pilihan yang baik untuk pengemudi yang ingin memulai perjalanan mereka dari gerbang yang berdekatan.
  3. Gerbang Kertosono dan Mojokerto: Gerbang Kertosono dan Mojokerto adalah gerbang tol tengah yang memiliki tarif tol yang cukup bersaing. Bagi pengemudi yang melakukan perjalanan jarak menengah, gerbang ini mungkin menjadi pilihan yang baik.
  4. Gerbang Surabaya dan Probolinggo: Gerbang Surabaya adalah gerbang tol yang memasuki kota metropolitan Surabaya, sementara Gerbang Probolinggo adalah gerbang akhir di jalan tol ini. Tarif tol di dua gerbang ini cukup terjangkau, dan mereka cocok untuk pengemudi yang ingin mengakhiri perjalanan mereka di kota tersebut.

Sementara tarif tol tersebut mungkin tampak sebagai biaya tambahan saat bepergian, jalan tol Madiun-Probolinggo seringkali lebih cepat dan lebih aman dibandingkan dengan jalan alternatif. Ini juga dapat membantu Anda menghindari lalu lintas yang padat dan menghemat waktu perjalanan Anda.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi tarif tol di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jarak Tempuh: Biasanya, semakin jauh jarak tempuh antara gerbang tol awal dan akhir, semakin tinggi tarif tol yang harus dibayar.
  2. Kelas Kendaraan: Tarif tol juga dipengaruhi oleh jenis kendaraan yang Anda gunakan. Kendaraan besar seperti truk dan bus biasanya dikenakan tarif lebih tinggi daripada kendaraan pribadi.
  3. Waktu Perjalanan: Beberapa jalan tol menerapkan sistem tarif dinamis, yang berarti tarifnya dapat berubah-ubah tergantung pada waktu perjalanan. Pada jam sibuk, tarifnya mungkin lebih tinggi.
  4. Jumlah Gerbang Tol yang Dilewati: Semakin banyak gerbang tol yang Anda lewati, semakin tinggi biaya perjalanan Anda.

Cara Menghitung Tarif Tol

Untuk menghitung tarif tol yang akan Anda bayarkan saat melewati jalan tol Madiun-Probolinggo, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan gerbang tol awal dan gerbang tol akhir yang akan Anda lewati.
  2. Identifikasi kelas kendaraan Anda (motor, mobil sedan, SUV/truk kecil, mobil truk besar, bus/bis, atau kendaraan besar lainnya).
  3. Gunakan tabel tarif tol di atas untuk menemukan tarif tol yang sesuai dengan kelas kendaraan dan gerbang tol yang Anda lewati.
  4. Jumlahkan tarif tol dari setiap gerbang tol yang Anda lewati untuk mendapatkan total tarif tol perjalanan Anda.

Contoh: Jika Anda mengendarai mobil sedan dari Gerbang Madiun ke Gerbang Probolinggo, tarif tolnya adalah Rp 20,000 di Gerbang Madiun dan Rp 16,000 di Gerbang Probolinggo, sehingga total tarif tol perjalanan Anda adalah Rp 36,000.

Cara Membayar Tol

Pembayaran tol di jalan tol Madiun-Probolinggo dapat dilakukan dengan beberapa cara yang mudah. Berikut adalah opsi pembayaran yang tersedia:

  1. Tunai: Anda dapat membayar tol secara langsung dengan menggunakan uang tunai di gerbang tol yang ditunjuk. Pastikan Anda memiliki uang tunai yang cukup untuk membayar tol sesuai dengan kategori kendaraan Anda.
  2. Kartu Prabayar Tol: Salah satu cara yang paling nyaman untuk membayar tol adalah dengan menggunakan kartu prabayar tol. Anda dapat membeli kartu prabayar ini di gerbang tol atau pusat layanan jalan tol. Kemudian, Anda cukup menempelkan kartu tersebut pada mesin pembaca kartu saat melewati gerbang tol, dan biaya tol akan otomatis dikurangkan dari saldo kartu Anda.
  3. Kartu Debit atau Kredit: Beberapa gerbang tol juga menerima pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Pastikan Anda memeriksa tanda-tanda yang menunjukkan jenis pembayaran yang diterima di gerbang tol tertentu.
  4. Aplikasi Tol Online: Beberapa jalan tol di Indonesia juga menerima pembayaran melalui aplikasi tol online. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut, mendaftar, dan menghubungkan rekening bank Anda untuk pembayaran yang lebih praktis.

Tips untuk Menghemat Biaya Tol

Untuk menghemat biaya tol saat bepergian di jalan tol Madiun-Probolinggo, pertimbangkan beberapa tips berikut:

  1. Gunakan kendaraan berbagi: Jika Anda bepergian bersama dengan teman atau keluarga, Anda dapat berbagi biaya tol dengan mereka.
  2. Pilih waktu perjalanan yang tepat: Hindari perjalanan pada waktu-waktu tertentu yang biasanya memiliki lalu lintas padat. Ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan bahan bakar.
  3. Manfaatkan kartu tol prabayar: Banyak gerbang tol menerima pembayaran dengan kartu tol prabayar, yang sering kali memberikan diskon atau keuntungan lainnya.
  4. Periksa kondisi jalan tol: Sebelum berangkat, pastikan Anda memeriksa kondisi jalan tol untuk menghindari kemungkinan pemadatan lalu lintas atau perbaikan jalan yang dapat mengganggu perjalanan Anda.

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang tarif tol Madiun-Probolinggo untuk bulan Mei 2024 beserta beberapa tips untuk menghemat biaya tol. Dengan mengetahui tarif tol dan merencanakan perjalanan Anda dengan baik, Anda dapat melakukan perjalanan dengan lebih efisien dan menghindari kejutan biaya tambahan. Selamat berkendara dan semoga perjalanan Anda lancar!